Peringati Hari Tanah, Demonstran Palestina Bentrok dengan Tentara Israel - Majalah News
Headlines News :
Home » , , , , , , , , » Peringati Hari Tanah, Demonstran Palestina Bentrok dengan Tentara Israel

Peringati Hari Tanah, Demonstran Palestina Bentrok dengan Tentara Israel

Peringati Hari Tanah, Demonstran Palestina Bentrok dengan Tentara Israel


Yerusalem, Aksi demonstrasi massal terjadi di Tepi Barat, Palestina. Bahkan para demonstran Palestina bentrok dengan pasukan Israel di Kota Qalandiya, sebelah utara Yerusalem hari ini. Ketegangan melanda daerah tersebut.

Sekelompok pemuda bertopeng melemparkan batu-batu ke arah tentara-tentara Israel. Mereka juga membakar ban-ban. Sementara pasukan Israel menembakkan gas air mata dan peluru karet untuk membubarkan massa.

"Ada kerusuhan yang terjadi di Qalandia. Para perusuh melemparkan batu-batu ke IDF (Israel Defence Force atau pasukan Israel-red) dan membakar ban-ban, dan IDF merespons dengan alat-alat penanganan rusuh," kata juru bicara militer Israel kepada AFP, Jumat (30/3/2012).

Menurut paramedis Palestina, sekitar 30 orang harus dirawat karena menghirup gas air mata.

Sementara itu, ratusan orang juga berkumpul di Yerusalem untuk memperingati Hari Tanah (The Land Day). Aksi demonstrasi juga digelar oleh komunitas pengungsi Palestina di negara tetangga Yordania dan Libanon untuk menandai peringatan tahunan tersebut.

Aksi-aksi demo lainnya digelar di sejumlah daerah di Israel dan wilayah-wilayah yang diduduki Israel. Bahkan para demonstran juga mulai berjalan kaki menuju perbatasan Israel di Libanon dan Yordania.

Hari Tanah (The Land Day) adalah acara tahunan yang menandai protes pendudukan Israel terhadap Palestina. Mereka memrotes kebijakan tanah Israel yang diklaim bersikap diskriminatif terhadap Palestina. Hari Tanah juga memperingati peristiwa 1976 ketika warga Arab memprotes penyitaan tanah yang berujung kematian.

Hari Tanah Palestina diperingati untuk mengingatkan rakyat Palestina akan tindakan rezim zionis Israel yang telah merampas ribuan hektar tanah milik publik dan individu di berbagai wilayah di Palestina, khususnya di wilayah Galilea.

Perampasan itu mendorong warga Arab di Palestina untuk mendeklarasikan aksi mogok massal, yang ketika itu menjadi perlawanan pertama terbesar rakyat Palestina terhadap rezim Israel, sejak Israel pertama kali menancapkan penjajahannya di Palestina pada 1948 silam.

Share This : Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Support : Rasa Susu Segar | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Majalah News - All Rights Reserved
Template Modify by Creating Website
Proudly powered by Blogger